Home · Info Unik · Tips Trik · Games · Software Gratis · Mobile App & Utilities · Wisata

Mengapa Joging Tidak Boleh Menggunakan Jaket?

Joging pake jaket

Berolah raga selain untuk menjaga kesehatan, saat ini telah menjadi tren tersendiri. Apalagi olahraga yang sering dilakukan dengan berlari. Istilah lain, jogging justru sangat digemari dikalangan anak muda. Biasanya dikalangan muda sering berlari menggunakan jaket ternyata tidak baik.
Menurut dr Hario Tilarso, SpKO, FACSM, dokter spesialis kedokteran olahraga, penggunaan jaket dapat menyebabkan hambatan keringat keluar  untuk di uapkan. Tidak baik jika keringat yang ada justru mengendap.
“Kalau berlari, berlaku juga pada semua jenis olahraga, gunakan pakaian yang bahannya tidak tebal. Jangan menggunakan bahan wool apalagi jaket. Pakailah bahan yang bisa membantu memudahkan penguapan keringat yang keluar saat berlari. Karena harus diperhatikan bahwa keringat yang keluar itu harus diuapkan,” ungkap dr Hario

Dokter yang bertugas di RS Premier Bintaro ini menambahkan bahwa jika tak terjadi penguapan dapat membuat cedera pelari. Hal ini disebabkan karena penguapan tersebut akan membantu mendinginkan suhu badan kita yang akan semakin memanas saat kita berolahraga. “Jika tidak ada penguapan, orang bisa terserang cedera. Namanya itu heat injuries,”

Menurut dr Hario, jika tetap menggunakan jaket akanterjadi cedera yaitu heat injuries. Heat Injuries adalah salah satu cedera yang terjadi di dalam tubuh manusia yang disebabkan akibat panas di dalam tubuh. Effeknya dapat berakhir pada kematian.

“Makanya, jangan deh pakai jaket saat berlari. Kalau ada orang berlari dengan menggunakan jaket dengan alasan ingin menurunkan berat badannya, di siang hari pula, itu tidak benar ya,” pesan dr Hario.

Artikel keren lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "Mengapa Joging Tidak Boleh Menggunakan Jaket?"

Posting Komentar

Tinggalkan jejak ya...